Facebook Twitter Email

Sekolah Gratis bagi anak kurang beruntung (tidak mampu) Sekolah Merah Putih

Partisipasi IWITA (Indonesian Women IT Awareness), Organisasi Perempuan Tanggap Teknologi dalam kegiatan Education for Poor Children in Indonesia yang diprakarsai Yayasan Merah Putih di Sekolah Merah Putih diawali dengan penyelenggaraan workshop dengan Tema; Internet dan Membangun Semangat Kewirausahaan Sejak Usia Dini.

Materi yang disampaikan adalah membuat Blog bagi Guru-guru dan siswa SMA dan SMK Sekolah Merah Putih dimana narasumber berasal dari dosen dan Universitas Veteran UPN dalam penyediaan fasilitas Notebooknya (mobile training) bagi anak-anak Sekolah Dasar yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 6 sejumlah + 40 Anak, materi disampaikan oleh narasumber dari IWITA dengan memberikan informasi pengenalan dan pemanfaatn Internet bagi anak dengan konsep ‘Fun Learning’ dan diakhir kegiatan ada kegiatan kuis kata dan berhitung dengan menggunakan free software dari Divine Kids dimana anak-anak tersebut diundang maju kedepan secara berkelompok menjawab soal-soal dari kuis kata tersebut, yang berhasil menjawab dengan benar secara keseluruhan mendapatkan kenang-kenangan dari IWITA berupa tas, buku dan pensil.

Workshop ini kedepannya diharapkan dapat memberikan wawasan kepada anak didik Sekolah Merah Putih untuk memanfaatkan internet untuk kegiatan belajar dan membangun kreatifitas dalam berkreasi dibidang ketrampilan usaha. IWITA sudah melaksanakan kegiatan pelatihan TIK bagi anak Sekolah Dasar di sekolah Merah Putih sejak bulan Maret 2012 dimana anak-anak tersebut mengikuti pelajaran Komputer setiap hari Kamis jam 10 pagi selama 1 jam di ruangan komputer dengan fasilitas seadanya yaitu 7 buah komputer belum terkoneksi internet, papan tulis, meja kursi di ruangan 6x3M. Ruangan tersebut tentunya belum dapat menampung anak-anak sebanyak 40 anak tersebut dan pada saat ini yang mengikuti pelatihan hanya anak kelas 1 sampai dengan kelas 3 SD saja.

Pada minggu pertama pelatihan jumlah anak yang mengikuti pelajaran Komputer hanya 12 anak, mereka adalah anak-anak yang berkeinginan belajar komputer dan mengingat jumlah komputer hanya 7 buah dan ruangan yang terbatas. Pada minggu berikutnya jumlah anak bertambah sampai pada minggu ini sebanyak 16 anak sehinga satu komputer digunakan 2-3 anak. Dari materi yang sudah disampaikan sejak awal Maret minggu ini mereka diberikan evaluasi yaitu menuliskan cerita pendek di Komputer dengan tema bebas. Tahun 2013 ini IWITA dan UPN memberikan materi khusus untuk murid yaitu Edugames serta Multimedia juga bagi Guru-Guru dengan materi Education Multimedia. Tujuan dari materi yang disampaikan adalah mengembangkan kreatifitas anak sejak dini menggunakan perangkat TIK.

Kedepannya anak asuh sekolah Merah Putih mendapatkan pelatihan ketrampilan lainnya seperti membuat pernak pernik dari kertas daur ulang, merangkai bunga, membuat sabun, menjahit, menyulam, musik dan lainnya dimana partisipasi masyarakat lainnya sangat diharapkan sebagai tenaga pelatih/pengajar ketrampilan.

Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program EPCI di Sekolah Merah Putih dapat menghubungi sekretariat IWITA

di +6221 36697792 atau email secretariat@iwita.or.id/iwita_jkt@yahoo.co.id